Preaload Image

STKIP Yasika Majalengka

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yasika

OffOn
HomeBerita KampusMenulis Itu Mudah Asal Mau Memulai

Menulis Itu Mudah Asal Mau Memulai

MAJALENGKA – Workshop penulisan karya tulis ilmiah yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Masyarakat (LPM) STKIP Yasika Majalengka bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka di auditorium STKIP Yasika, Sabtu (16/3) tampaknya telah membuka wawasan ratusan guru yang menjadi peserta kegiatan tersebut. Para peserta yang merupakan para tenaga pendidik dari berbagai tingkatan sekolah, merasa tercerahkan dengan materi yang disampaikan para narasumber yang dihadirkan, seperti halnya Prof. Dr H Cecep Sumarna, M.Ag yang menyampaikan materi tentang “Miracle of Wraiting”.

Ketua STKIP Yasika Majalengka, Arip Amin, M.Pd dalam sambutan pembukaan acara mengatakan, para guru di Majalengka saat ini menghadapi tantangan yang cukup berat bagi dunia pendidikan seiring dengan berkembangkan Kabupaten Majalengka menjadi daerah industri. Di kalangan masyarakat saat ini telah mengalami perubahan orientasi yakni menurunnya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi karena generasi mudanya lebih memilih langsung bekerja yang dapat menghasilkan uang.

BACA JUGA: Empat Mahasiswa Asing Kunjungi STKIP Yasika Majalengka

“Menurunnya minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, hal ini merupakan tantangan bagi dunia pendidikan dan khususnya bapak-bapak dan ibu-ibu guru untuk meyakinkan kembali kepada mereka akan pentingnya pendidikan. Sebab, kalau generasi muda saat ini sudah berorientasi kepada hal yang bersifat instan, lulus SMA, SMK atau MA langsung kerja, bagaimana nasib generasi bangsa ini kedepannya. Padahal pendidikan merupakan pondasi penting untuk kemajuan sebuah bangsa dan ini merupakan tanggungjawab kita semua antara lembaga pendidikan dan para pendidik,” ujar Arip Amin.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina STKIP Yasika yang juga guru besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof. Dr H Cecep Sumarna, M.Ag menjelaskan, menjadi seorang penulis bukanlah hal yang susah karena setiap orang dan bahkan para guru atau pendidik memiliki wawasan yang luas tentang apapun yang dibacanya dan pernah dilihatnya. Syarat untuk menjadi seorang penulis sangatlah mudah, tinggal mau memulai untuk mencurahkan pemikiran yang dimiliki ke dalam sebuah tulisan sehingga hasilnya dapat dibaca dan dilihat kembali, apa kelebihan dan kekurangannya dari tulisan tersebut.

BACA JUGA: KPU Sosialisasi Pemilu 2019 di STKIP Yasika Majalengka

“Ibu-ibu dan bapak-bapak guru sudah pasti sering membaca dan mengamati berbagai hal yang ada di sekeliling kita. Agar yang kita ketahui itu menjadi sesuatu yang berarti, coba pengetahuan itu dituangkan dalam sebuah tulisan, sejauhmana kemampuan kita untuk menulis. Dan yang perlu diingat agar kita benar-benar dapat menguji kemampuan kita dalam menulis sebuah ide, gagasan dan pemikiran kita, jauhkanlah buku-buku yang biasa kita baca saat kita mencoba menulis tentang sesuatu. Sebab, buku yang ada di hadapan kita saat mencoba mencurahkan pemikiran kita dalam sebuah tulisan, justru itu yang mengganggu lancarnya krestivitas dalam membuat sebuah tulisan,” ujar Prof. Cecep.

Lanjut Prof. Cecep sebuah karya tulis yang dihasilkan dari ide dan gagasan yang ada dalam pemikiran seseorang, akan layak dipublikasikan dalam media atau jurnal ilmiah jika benar-benar original dan bukan dari hasil mencontek karya orang lain. Sebab, wawasan, pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki setiap orang sudah pasti berbeda-beda sehingga hal itu sangat berpengaruh terhadap sebuah karya tulis yang dibuatnya.

BACA JUGA: STKIP Yasika Majalengka Wujudkan Program Pendidikan Epektif Efisien Bagi Kaum Milenial

Agar tulisan yang dibuat itu benar-benar memiliki kualitas dan ilmiah, sambug Prof. Cecep, maka seorang penulis harus terus menggali ilmu pengetahuan dengan banyak membaca dan meneliti tentang segala hal yang ada di sekitar kita sehingga hal itu dapat dijadikan referensi saat membuat sebuah karya tulis. Dengan demikian, pada instinya untuk menjadi seorang penulis itu sangat mudah dan pasti semua orang bisa, tinggal saat ini mau memulainya dan terus melatih kemampuan dengan prinsip jangan takut untuk melangkah dan memulai. (Humas-STKIP Yasika)

Leave A Reply

You May Also Like

Senat STKIP Yasika tahun 2021 II Dock.wisudakexiii Bismillahirahmanirakhim, Assalamualaikum wr wb, Salam Sejahtera untuk kita semua, Yang Saya hormati Ketua...
-Foto: Ist KABAG Umum Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sekretariat Kemenristekdikti, Dr Syahril Caniago MBA saat memberikan paparan pada acara stadium...
MAJALENGKA – Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STKIP Yasika Majalengka periode 2019-2020 secara resmi dilantik...