Preaload Image
Ririk Ria Karmilasari
Ririk Ria Karmilasari, M.Pd | Ketua Program Studi

Prodi S1 Pendidikan Matematika berdiri bersamaan dengan berdirinya STKIP Yasika Majalengka pada tahun 2000. Ketika itu, selain Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Yasika Majalengka memiliki jurusan lainnya, yaitu S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Secara resmi, program studi ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 2000, berdasarkan SK No. 118D02000 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI. Pada tahun 2005 mendapatkan izin operasional yang pertama dari Dirjen Dikti dengan nomor SK 3538/D/T/2005 tertanggal 14 Oktober tahun 2005.

Pada tahun 2007 Program studi Pendidikan Matematika melakukan re-akreditasi melalui BAN-PT memperoleh Nilai B melalui SK dengan nomor SK 014BAN-PT/AK-10/E1/VII/2007 tertanggal 30 Juni tahun 2007. Bertepatan dengan tanggal 22 Desember tahun 2010, STKIP Yasika Majalengka kembali memperoleh izin operasional dari dirjen dikti dengan Nomor SK: 4983/D/T/K-IV/2010 dan kode perguruan tinggi 043140.

Sebagai bentuk komitmen nyata dari program studi Pendidikan Matematika dalam menjamin mutu Tri Darma Perguruan Tinggi, kami melakukan re-akreditasi kembali pada tahun 2013 dengan Nilai C, melalui SK nomor 174/Sk/BAN-PT/AK-XVI/S/VIII/2013 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tertanggal 24 Agustus tahun 2013. sebagai wujud nyata penjaminan mutu eksternal, program Studi Pendidikan Matematika diakreditasi kembali oleh BAN-PT yang Memperoleh Hasil Predikat C (283) melalui SK Nomor 3289/Sk/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 tertanggal pengesahan 12 Desember 2018.

Awalnya Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Yasika Majalengka hanya memiliki 16 dosen dan belum mempunyai dosen tetap. Pada tahun 2017 hingga saat ini, program Studi ini telah memiliki 10 orang dosen tetap yang linier dengan program studi antara lain: Iman Solahudin, M.Pd, Azi Nugraha, M.Pd, Benny Anggara, M.Pd, Elly Rizeqia Fadilah, M.Pd, Wily Wandari, M.Pd, Tia Septianawati, M.Pd, Saima Mulkiah, M.Pd, dan Selvi Gustiana, M.Pd, Ririk Ria Karmilasari, M.Pd. Wildatus Solihah, S.Pd, M.S.Ip . Selain diasuh oleh pada dosen tetap yang linier dengan keilmuan program studi, prodi Pendidikan Matematika STKIP Yasika Majalengka pada proses perkuliahannya juga diasuh oleh para dosen dari beberapa instansi lain dengan berbagai ragam keilmuan dan lulusan, guna menunjang pencapaian visi, misi, sasaran dan tujuan program studi.

Dosen-dosen tersebut antara lain: Profesor Dr. H. Cecep Sumarna (guru besar Filsafat Ilmu IAIN Syeikh Nurjati Cirebon) sekaligus sebagai ketua Dewan Pembina Yasika Majalengka, Dr. Asep Mulyana (Sosiolog), Dr. Atang Suryana, M.Pd (Adpen), Dr. Sugianto (hukum), Aceng Djaelani, M.Ag, Arip Amin, M.Pd, Herman Beni, MA, Oding Tuhrojin, M.Pd, Budi Kristiawan, M.Pd, Wawan Hernawan, M.Pd, Rasta, M.Pd, Pendi S, M.Pd, Dede Mulyani, M.Pd dan Ela Komalasari, M.Pd

Awal mula mahasiswa prodi ini belum banyak peminatnya. Namun, jumlah yang kecil itu selalu bertambah dari tahun ke tahun. Hingga 4 tahun terakhir ini, mahasiswa yang berhasil lulus berjumlah 135 orang lulusan. Sebagian besar, lulusan prodi telah bekerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun nonpemerintah (swasta). Sebagian kecil, mereka juga bergerak di bidang kewirausahaan dan menjadi entrepreneur (pengusaha). Hingga tahun akademik 2019-2020 jumlah mahasiswa prodi yang aktif berjumlah 93 orang.

Mahasiswa Prodi Dikmat datang dari berbagai pelosok Indonesia, dari Sumatera, Jawa hingga Kalimantan. Mereka juga berasal dari beberapa agama yang berbeda. Sepanjang sejarahnya, mahasiswa prodi aktif mengikuti berbagai kegiatan, seperti kegiatan olimpiade matematika, forum akademik, saintek, dan Tilawatil Quran.

dalam upaya melengkapkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa, Program studi mengambil kebijakan untuk menawarkan mata kuliah pilihan Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) dalam bentuk kluster. Kluster ini merupakan gugusan mata kuliah yang mempunyai sisi praktis, dengan paket 8-10 sks. Dengan cara demikian, seorang alumnus Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai keterampilan lain, selain pengetahuan dalam bidang ilmunya. Pada tingkat yang lebih tinggi, mata kuliah kluster menjadi kebijakan fakultas. Sekarang, tersedia Kluster Jurnalistik di Prodi Dikmat, kluster Manajemen bisnis dan kewirausahaan, dan kluster bahasa Inggris dan Jepang.

Berdasarkan hasil akreditasi pada tahun 2013, Prodi Dikmat STKIP Yasika Majalengka memperoleh nilai C. Tetapi dengan memperoleh nilai C tersebut, dapat kami dijadikan sebagai indikator bahwa prodi telah berhasil dalam mencapai tujuannya. Hal itu bukan berarti, bahwa prodi “puas” dengan nilai tersebut. Lebih kurang 1 (satu) tahun ini, tepatnya tahun akademik 2017-2018, prodi kami kembali melakukan akreditasi dengan Hasil C (283 Point) melalui penerbitan SK Nomor 3289/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 Tertanggal 12 Desember 2018. Atas realitas hasil tersebut, insyaalloh pada tahun 2020 kami kan kembali mengupayakan re-akreditasi demi menjamin kualitas mutu eksternal prodi kami. Tentu saja, itu semua kami lakukan sebagai wujud nyata dari usaha keras kami untuk mencapai nilai Maksimal. Semoga Menjadi program studi terkemuka dan bermartabat dalam bidang Pendidikan Matematika yang diakui di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2035.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang unggul, berdaya saing dan profesional dalam inovasi pendidikan pada tingkat nasional di tahun 2035.

Misi

Program Studi Pendidikan Matematika menetapkan Misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang memenuhi kompetensi kepribadian, profesi, pedagogik, sosial, dengan tetap mengedepankan aspek-apek nilai kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang Pendidikan Matematika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan strategi pembelajaran matematika untuk diterapkan di lembaga pendidikan dan di masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian untuk membantu mewujudkan masyarakat yang berpikir logis, kritis dan kreatif terutama dalam bidang Pendidikan Matematika.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan pihak-pihak yang berkaitan dalam rangka meningkatkan kinerja program studi pendidikan matematika.
  5. Menyelenggarakan workshop pendidikan yang bersifat inovatif dan kompetitif sesuai tuntutan zaman dan kebutuhan publik terkait pengajaran matematika kekinian.

Tujuan

Tujuan Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Yasika Majalengka  ialah:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang memiliki inovasi dan kompetitif di bidangnya.
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang memiliki kompetensi penelitian di bidang Pendidikan Matematika.
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang mampumengembangkankegiatanpengabdianmasyarakatdalambidangPendidikanMatematika.
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Matematika yang memiliki aksesibilitas sehingga bisa diterima oleh lembaga yang berkaitan dengan pendidikan matematika.
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki inovasi tinggi dalam melaksanakan profesinya.

Dosen Tetap Program Studi Pendidikan Matematika