Preaload Image

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yasika

Sejarah Singkat - Visi Keilmuan - Tujuan

Prodi S1 Pendidikan Matematika berdiri bersamaan dengan berdirinya STKIP Yasika Majalengka pada tahun 2000. Ketika itu, selain Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Yasika Majalengka memiliki jurusan lainnya, yaitu S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Secara resmi, program studi ini berdiri pada tanggal 1 Agustus 2000, berdasarkan SK No. 118D02000 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI. Pada tahun 2005 mendapatkan izin operasional yang pertama dari Dirjen Dikti dengan nomor SK 3538/D/T/2005 tertanggal 14 Oktober tahun 2005.

Pada tahun 2007 Program studi Pendidikan Matematika melakukan re-akreditasi melalui BAN-PT memperoleh Nilai B melalui SK dengan nomor SK 014BAN-PT/AK-10/E1/VII/2007 tertanggal 30 Juni tahun 2007. Bertepatan dengan tanggal 22 Desember tahun 2010, STKIP Yasika Majalengka kembali memperoleh izin operasional dari dirjen dikti dengan Nomor SK: 4983/D/T/K-IV/2010 dan kode perguruan tinggi 043140.

Sebagai bentuk komitmen nyata dari program studi Pendidikan Matematika dalam menjamin mutu Tri Darma Perguruan Tinggi, kami melakukan re-akreditasi kembali pada tahun 2013 dengan Nilai C, melalui SK nomor 174/Sk/BAN-PT/AK-XVI/S/VIII/2013 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tertanggal 24 Agustus tahun 2013. sebagai wujud nyata penjaminan mutu eksternal, program Studi Pendidikan Matematika diakreditasi kembali oleh BAN-PT yang Memperoleh Hasil Predikat C (283) melalui SK Nomor 3289/Sk/BAN-PT/Akred/S/XII/2018 tertanggal pengesahan 12 Desember 2018.

“Mengembangkan keilmuan Pendidikan matematika yang inovatif berbasis literasi digital dan prinsip didaktik-pedagogis”

  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang inovatif dengan mengedepankankecakapan literasi digital dan penguasaan prinsip didaktik-pedagogis
  2. Mewujudkan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang berorientasipengembangan produk inovatif.
  3. Mewujudkan pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang Pendidikan matematikayang terintegrasi penelitian dan inovasi.
  4. Mewujudkan Kerjasama dalam bidang Pendidikan matematika yang berorientasipada kecakapan literasi digital dan penguasaan prinsip didaktik-pedagogis.
  5. Mewujudkan kontribusi di tingkat nasional kegiatan penelitian, pengabdian kepadaMasyarakat, dan Kerjasama dalam bidang Pendidikan matematika berbasiskecakapan literasi digital dan penguasaan prinsip didaktik-pedagogis.

Strategi Pencapaian Tujuan

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Percaya diri dalam melakukan inovasi yang berorientasi pada pengembangan kewirausahaan
  1. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan Pembelajaran disatuan Pendidikan dasar dan menengah
  2. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
  3. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanakan Pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS
  4. Menguasai prinsip pengelolaan sumber daya Pendidikan matematika dan organisasi
  5. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan
  6. Menguasai metodologi penelitian Pendidikan matematika
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Menerapkan konsep dasar Pendidikan, konsep pedagogic-didaktik, atau konsep matematika sekolah maupun matematika lanjut dalam menyelesaikan masalah.
  2. Merancang pembelajaran matematika yang strategik, bermakna, dan implementatif dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  3. Mampu merancang, melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Pendidikan matematika
  4. Menerapkan profesionalitas secara berkelanjutan dengan melakukan Penelitian sebagai tindakan reflektif dan evaluatif
  5. Menerapkan prinsip pengelolaan sumber daya pendidikan matematika, organisasi, dan mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan
  6. Menerapkan ilmu kewirausahaan dalam Pendidikan matematika dan kemampuan komunikasi publik