Preaload Image

STKIP Yasika Majalengka

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yasika

OffOn
HomeBerita KampusSambutan Ketua Stkip Yasika Majalengka Dalam Acara Wisuda Sarjana Ke Xiii Tahun 2021
sambutan ketua STKIP Yasika 2021

Sambutan Ketua Stkip Yasika Majalengka Dalam Acara Wisuda Sarjana Ke Xiii Tahun 2021

Senat STKIP Yasika tahun 2021 II Dock.wisudakexiii

Bismillahirahmanirakhim,

Assalamualaikum wr wb,

Salam Sejahtera untuk kita semua,

  1. Yang Saya hormati Ketua Yayasan Sindangkasih Ibu Hj. Lelin Farlina Dewi, M.Pd;
  2. Yang Saya hormati Ketua Dewan Pembina Yayasan Sindangkasih Bapak Prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag;
  3. Yang Saya hormati Kepala LLDIKTI IV Jabar Banten yang diwakili oleh Kepala sub bagian Kemahasiswaan Bapak Yayan Mulyana, SE, MM;
  4. Yang Saya hormati Ketua dan anggota Badan Pelaksana Harian Yayasan Sindangkasih Bapak Drs. Aceng Djaelani, M.Ag;
  5. Yang Saya hormati Ketua, dan anggota Senat STKIP Yasika Majalengka;
  6. Yang Saya hormati Bapak dan Ibu Dosen STKIP Yasika Majalengka;
  7. Yang Saya hormati bapak dan Ibu Tenaga Kependidikan STKIP Yasika Majalengka;
  8. Yang Saya hormati Rektor IAI Bunga Bangsa Cirebon, Bapak Dr. H. Oman Fathurohman, MA;
  9. Yang Saya hormati Direktur Akper YPIB Aria Gilang Kencana, Bapak Awaludin Jahid Abdillah, M.Kep;
  10. Yang Saya hormati Kepala SDIT Nusintama Lab school Bapak Salam Abadi, S.Pd;
  11. Yang Saya hormati Kepala TKIT Nusintama Lab school Ibu Aisyah Yanti, S.Pd;
  12. Yang saya Hormati Calon Doktor Editya Nurdiana, SE, MM, sekaligus Calon Rektor UGJ di periode periode yang akan datang;
  13. Yang Saya hormati Bapak dan Ibu seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara wisuda sarjana angkatan ke XIII STKIP Yasika Majalengka Tahun 2021;
  14. Yang Saya hormati seluruh Panitia Pelaksana Wisuda ke XIII STKIP Yasika Tahun 2021;
  15. Yang Saya hormati dan saya banggakan seluruh wisudawan dan wisudawati wati angkatan ke XIII STKIP Yasika Majalengka Tahun 2021.

Alhamdulillahirobbil’almin Wabihi nasta’inu ala umuriddunya waddin,

Asyhadu alla ilaha illallah Wahdahula Syarikalah

Wa Asyhadu Anna Muhammadan Abduhu Warosuluh Laa Nabiya Ba’da.

Audzubillahiminasyaitonirrojim la`in syakartum la`aziidannakum wa la`ing kafartum inna ‘adzaabii lasyadiid.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Alloh SWT yang mana telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk bisa menjalankan aktifitas spesial hari ini, yaitu wisuda sarjana angkatan ke XIII STKIP Yasika Majalengka Tahun 2021 dengan penuh Khidmat.

Baca Juga: Siswa SLTA Berjubel Penuhi Halaman Kampus STKIP Yasika

Hanya Kepada Alloh SWT., kita harus menyembah dan menghadapkan diri dan wajah kita dalam pengabdian kepadaNya. Untuk itu mari kita semua menunjukkan rasa syukur itu dan meyakini bahwa semua itu ialah pemberian dariNya. Kehebatan Thomas Alfa Edison, John F. Kennedy, Ir. Soekarno dan Hatta sang proklamator Kemerdekaan RI termasuk profesor Dr. H. Cecep Sumarna Komisaris Tiga Perusahaan Multi Nasional yang telah Banyak menginspirasi generasi muda bangsa khususnya di Jawa Barat terlebih dikalangan para pendidik, karena beliau adalah sosok muda yang berhasil dan sukses didunia akademik serta sukses di dunia enterpreneur. Tentu itu semua tidak akan berarti apa apa jikalau bukan karena pemberian Alloh, SWT, semoga kitapun yang hadir pada tempat ini mendapatkan pula kekuatan dan semoga derajat kita terangkat oleh Alloh sang pemilik alam semesta ini.

Nabi dan Rasul Pertama Adam As hingga nabi ke 24 yaitu Isa As di utus ke bumi oleh Alloh SWT untuk mengajarkan kebenaran hanya untuk kaumnya, maka berbeda dengan Rasulullah Nabi terakhir yaitu nabi Muhammad SAW, yang dikirim ke bumi untuk seluruh kaum. Untuk itulah bapak ibu mari kita kirimkan salam dan sholawat kepadanya, Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, Semoga pada hari pembalasan nanti beliau mau mengakui kita sebagai ummatnya. aminn

Baca Juga: STKIP Yasika Lakukan Studi Inspiratif ke UNPAM
Bapak Ibu Sdr. wisudawan/ wati yang berbahagia, Wisuda ini bukanlah purna tugas dari kita semua untuk berhenti belajar, namun sebaliknya, ilmu dan pengetahuan yang sudah anda dapatkan di kampus STKIP Yasika ini akan dilanjutkan untuk digunakan dalam membantu dan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, serta mampu menghadapi berbagai tantangan yang semakin komplek dimasa-masa yang akan datang. Belajar itu merupakan sebuah peristiwa mental atau sebuah proses internal yang tidak hanya melibatkan hubungan antara stimulus dan respon, tapi lebih dari itu bahwa belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh hati nurani dan akal pikiran yang terimplementasi melalui kehalusan budi pekerti untuk diniatkan membantu sesama manusia.

Satu bundel paket curriculum tentu sudah anda selesaikan, artinya anda telah menyelesaikan sebuah perhelatan lari maraton di sebuah lintasan, dan hari ini merupakan ujung atau garis finish dari lintasan itu. Karena curriculum dari bahasa Yunani disebut curee atau courir. Kita sebagai orang Indonesia kata tersebut menjadi kurir yang kalau kita terjemahkan ialah orang yang mengantar surat, tapi makna kurir yang sesungguhnya adalah berlari, yaitu berlari melintasi setiap tahapan kebisaan atau kompetensi, seperti halnya dalam film laga The Courier yang diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan.

Anda semua hari ini, lengkap sudah kompetensi anda sebagai seorang Sarjana. Namun sekali lagi, kurir anda tidak boleh terhenti setelah wisuda ini, karena anda harus melangkapi kebisaan anda sampai akhir hayat nanti sehingga anda mempunyai Curriculum Vitae yang indah dan penuh keadaban, sehingga tatkala tiada nanti seperti Gajah meninggalkan gading, Macan meninggalkan Belang, dan kita nanti akan meninggalkan nama baik yang tertulis dalam Curriculum Vitae.

Untuk berlari menempuh lintasan curriculum ini, tidak ada halangan apapun buat kita semua, meski dengan keterbatasan kondisi ekonomi kita karena pandemi covid19 ini, kita musti semangat untuk menyelesaikan amanah belajar ini dengan penuh tawakkal kepada Alloh.

Dengan demikian, saya pribadi dan atasnama pimpinan STKIP Yasika Majalengka memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anda semua wisudawan wisudawati STKIP Yasika Majalengka angkatan ke XIII khususnya apresiasi yang luar biasa untuk saudari Melawati, S.Pd, yang telah menyelesaikan studinya dengan predikat cumlaude pada program studi pendidikan Matematika. mohon aplaus…..untuknya.

Hadirin yang saya hormati, terutama para wisudawan dan wisudawati yang saya banggakan, tanggal 01 Agustus tahun 2000 STKIP Yasika resmi memperoleh izin dari kementerian pendidikan nasional. Pada tanggal 07 Maret 2018 STKIP Yasika resmi pengelolaannya dibawah kendali ketua dewan pembina kita prof. Dr. H. Cecep Sumarna, M.Ag dan Ibu Hj. Lelin Farlina Dewi, M.Pd. sejak tanggal itu pula kita semua terus menerus dengan penuh kesungguhan melakukan upaya-upaya perbaikan, baik dari sisi kualitas penjaminan mutu hingga peningkatan sarana dan prasaran pendidikan yang lebih berkualitas. Tidak hanya peningkatan sisi kuantitas jumlah mahasiswa dan fisik bangunan yang terjadi, namun peningkatan kualitas dan suasana akademik yang terus juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2017 STKIP Yasika berada pada urutan ke 303 dilaman sisinfo LLDIKTIIV, berkat kesungguhan kita semua dalam merawat dan memperbaikinya Alhamdulillah pada tahun 2019 kita berada pada urutan 229, hingga tahun 2020 insyaalloh STKIP Yasika perada pada urutan 190 an.

Baca Juga: Digitalisasi Dunia Kampus Jadi Kebutuhan Pendidikan Tinggi Saat Ini

Hal ini tentu bukan perkara yang mudah kita lakukan, namun hal ini terasa mudah kita dapatkan berkat kebersamaan orang-orang yang penuh ketulusan dalam menjalankan setiap tugas yang diamanahkan. Insyaalloh kalau Alloh ridha kepada kita semua pada tahun 2024 kita berada pada urutan 10 Besar. Aminnn

Selain itu kami juga perlu sampaikan capaian kuantitatif dan kualitatif hasil lainnya seperti mulai tahun 2019 Alhamdulillah STKIP Yasika diberikan alokasi Beasiswa PPA dan Bidikmisi yang membahagiakan kita semua, 54 Beasiswa PPA di tahun 2018, 40 Bidikmisi dan 75 PPA di tahun 2019, serta 144 Bidikmisi dan 120 orang paket UKT ditahun 2020, Insyaalloh di tahun 2021 hingga tahun tahun berikutnya kita akan terus melakukan peningkatan seiring meningkatnya komitmen kita semua. Untuk itu saya mohon kepada anda semua untuk memberikan aplous kepada bapak Yayan Mulyana, SE, MM yang mewakili LLDIKTI4 Jabar Banten yang senantiasa istiqomah mendampingi STKIP Yasika dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sejak didirikannya STKIP Yasika hingga tahun 2018 belum pernah ada dosen yang memperoleh hibah penelitian. Namun seiring dengan komitmen yayasan dan para dosen kita, alhamdulillah pada tahun 2019 memperoleh Hibah penelitian dosen pemula sebanyak 6 paket, dan pada tahun 2020 ini kita mendapatkan 7 paket penelitian dosen pemula.

anda semua tidak perlu minder, dan berkecil hati ketika nanti bersaing dan berkompetisi dalam menempuh karir di dunia kerja khususnya dunia pendidikan.

Sampaikan pada keluarga anda, saudara, tetangga dan masyarakat seluruh Indonesia bahwa STKIP Yasika hari ini Insyaalloh lain dari sebelumnya, kita akan terus melakukan upaya-upaya perbaikan baik kedalam maupun keluar hingga jalan Kasokandel Timur akan mengalami kemacetan panjang karena kurangnya lahan parkir untuk para mahasiswa kita. Untuk itu kami mohon kerjasama dari semuanya agar Alloh SWT Tuhan Yang Maha Esa merahmati kita semua hingga pada tahun 2024 kita akan meningkatkan status dari STKIP Yasika menuju Universitas Kerta Jati (UKJ) dan atau Universitas Sindangkasih (US), teman-teman semua lulusan Yasika akan se-level, sepadan dengan universitas-universitas terbaik lainnya yang ada di Indonesia.

Apalagi di kampus tercinta ini, anda dibekali dengan kearifan lokal berupa pendidikan keadaban yang memusatkan pada budi pekerti yang luhur untuk menjadi manusia yang unggul, mandiri, profesional dan berdaya saing tinggi dibidang pendidikan dan pengajaran sebagai wujud nyata dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa, yang memiliki komitmen untuk bekerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan memiliki kesanggupan untuk bekerjasama dan sama sama bekerja secara baik dan penuh tanggung jawab, Sehingga dengan modal tersebut, anda akan mampu berkiprah dan bersama-sama membesarkan nama STKIP Yasika Majalengka seperti semboyan yang diciptakan ketua dewan pembina kita bahwa : “Mendidik HobiKu, Indonesia Rumahku, Asia Teras RumahKu, Dunia Tempat BermainKu”.

Jangan ragu untuk menerobos dan membuat terobosan-terobosan baru, teruslah berkompetisi secara fair untuk masuk ke dalam institusi-institusi bergengsi di Indonesia dan Dunia, karena disanalah sesungguhnya tempat kalian berkarir.

Bapak Ibu dan hadirin serta wisudawan wisudawati yang berbahagia,
melalui acara prosesi wisuda ke XIII STKIP Yasika Majalengka, almamater anda ibarat Ibu pengasuh atau lebih tepatnya Ibu yang memberi Ilmu dan pengetahuan, akan melepas dan menyerahkan kembali kepada orang tua kandung anda: “Bapak Ibu…. saya haturkan kembali putra dan putri terbaik Bpk/Ibu dalam keadaan beriman, bertaqwa, sehat, cerdas berilmu dan siap meneruskan cita-cita perjuangan Bpk Ibu sekalian…” Saya berpesan kepada semuanya, jika anda nanti sudah mengarungi dan sukses menempuh cita-cita, dan anda kangen dengan Ibu mu yang memberi pengetahuan ini, maka pulanglah…pulanglah ke pangkuan almamatermu, pintu kami terbuka selelebar-lebarnya, untuk anda semua nanti bernostalgi bersama. Jagalah nama baiknya, dengan bekerja dan berkarya sepenuh dan setulus hati. Kebesaran nama dan prestasi anda kelak adalah kebesaran almamater kita bersama.

Hari ini secara khusus, saya pribadi dan pimpinan serta para anggota senat yang hadir didepan kita semua, mengajak dengan menundukkan hati, menundukkan jiwa, merendahkan suara untuk mendoakan Almarhum para pendidri Yayasan Sindangkasih, pegawai dan dosen Yasika, wabil khusus untuk kedua orang tua kami bapak H. Muslih Suryana (Alm) dan Ibunda kami Hj. Siti Mardiah (Alm) semoga Alloh SWT memberikan ramat dan karunianya dialam Barjah. Alfatihah.

Atas segala kehilafan selama menjalankan proses pendidikan di STKIP Yasika Majalengka kami mohon maaf yang sebesar besarnya, semoga Alloh SWT senantiasa membimbing kita kejalan yang lurus yang di ridhoi dan dirahmatiNya. Aminn

Billahittaufiq Wal Hidayah

Wassalamualaikum wr wb.

Majalengka, 25 Pebruari 2021

Hormat Kami,

Ketua STKIP Yasika Majalengka

ttd

Arip Amin, M.Pd

NIDN: 2123038001

Leave A Reply

You May Also Like

-Foto: Ist KABAG Umum Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sekretariat Kemenristekdikti, Dr Syahril Caniago MBA saat memberikan paparan pada acara stadium...
MAJALENGKA – Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STKIP Yasika Majalengka periode 2019-2020 secara resmi dilantik...
KEPALA Kantor Perwakilan BI Cirebon, Fadil Nugroho (Kiri), Ketua STKIP Yasika Majalengka, Arip Amin, M.Pd (kedua kiri) dan jajarannya saat...