STKIP YASIKA

Majalengka

OffOn

Tentang STKIP Yasika Majalengka

Arip Amin, MP.d
Ketua STKIP Yasika

Sambutan Ketua

STKIP Yasika Majalengka tampil dengan debut baru. Mengawali tahun 2018 kampus ini telah mengubah wajahnya, dikelola kelompok profesional terdidik, baik dari dalam maupun luar negeri. Para pakar pendidikan yang tergabung dalam manajemen baru ini akan melakukan pengelolaan kampus, dengan menghadirkan latar belakang pendidikan minimal S2. Banyak diantaranya mereka yang telah menyelesaikan studi S3 dalam bidang kependidikan.

Sejarah mereka yang terlibat dalam pengelolaan pendidikan tinggi baru ini adalah mereka yang telah terlatih diberbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kiprah mereka dalam kontek pengelolaan pendidikan tinggi dimaksud, telah teruji dalam durasi waktu yang panjang.

Sejarah Singkat

Sejarah

STKIP Yasika Majalengka

Pendirian STKIP Yasika merupakan pengembangan program dari dan oleh Yayasan Sindangkasih Majalengka. Disamping itu pendirian STKIP Yasika juga merupakan jawaban nyata atas keinginan masyarakat di Kabupaten Majalengka untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkesinambungan. STKIP Yasika merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta dibawah naungan Yayasan Sindangkasih Majalengka.
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yasika berdiri sejak tahun 2000 tepatnya pada tanggal 1 Agustus, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 118/D/0/2000 dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, dan Program Studi Pendidikan Matematika, masing-masing jenjang strata satu (S1). Hal tersebut diperkuat dengan diperolehnya izin dari bupati kabupaten Majalengka nomor 4214/2503/SOS.
Pada Tahun 2005 STKIP Yasika mendapakan izin operasional yang pertama dengan turunnya SK Dirjen Dikti nomor 2715/D/T/2005 tertanggal 22 Juli tahun 2005 untuk Program Studi Pendidikan Matematika, dan nomor 3538/D/T/2005 tertanggal 14 Oktober tahun 2005 untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah.
Pada tahun 2010 STKIP Yasika mendapatkan kembali izin operasional yang kedua, dengan terbitnya SK Dirjen Dikti nomor 4983/D/T/K-IV/2010 tertanggal 22 Desember tahun 2010 untuk Program Studi Pendidikan Matematika dan nomor 3718/D/T/K-IV/2009, tertanggal 26 Oktober 2009, dengan kode Perguruan Tinggi 043140 yang beralamat di Jalan Kasokandel Timur Nomor 64, Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

Visi & Misi

Visi

Visi

Menuju 2035

“Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Mandiri, Profesional dan Berdaya Saing dalam Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis IT di Tingkat Nasional Tahun 2035”

Misi

Misi

Menuju 2035

  1. Meningkatkan proses pendidikan dan pengajaran yang Unggul, Mandiri, Profesional dan Berdaya saing, serta berorientasi pada pendalaman pengetahuan pada bidang ilmu pendidikan serta bidang keguruan yang terprogram dan terarah pada program studi yang diselenggarakan.

  2. Meningkatkan kegiatan riset ilmiah yang mencerminkan nilai unggul, mandiri, profesional dan berdaya saing yang dapat dipadukan dalam praktek operasional Tri Darma Perguruan Tinggi STKIP Yasika yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah terakreditasi baik lokal, nasional maupun internasional.

  3. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memiliki keunggulan, kemandirian, profesional dan daya saing. Sehingga STKIP Yasika mampu meningkatkan SDM di masyarakat baik pada tingkat lokal, regional, nasional maupun Internasional.

  4. Menginternalisasikan nilai ajaran keislaman serta tujuan Institusi Yasika pada setiap pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pola-pola keteladanan dan habituasi amal sholeh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika STKIP Yasika.

  5. Membangun networking dan kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pelaksanaan pengembangan Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan lebih dan daya saing kuat.

Tujuan

Tujuan

Menuju 2035

  1. Tercapainya lulusan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan dalam berbagai bidang dan berdaya saing pada tingkat lokal regional dan nasional sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang diselenggarakan pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yasika Majalengka.

  2. Tercapainya kapasitas kualitas dan kuantitas hasil-hasil penelitian yang memiliki keunggulan, berdaya saing serta memiliki peran dan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yasika Majalengka serta dipublikasikan pada jurnal-jurnal ilmiah terakreditasi pada tingkat lokal dan nasional.

  3. Tercapainya kerja sama dengan multi stakeholder serta para pengguna lulusan dalam pelaksanaan pengabdian pada masyarakat.

  4. Tercapainya pelaksanaan untuk membangun networking/jejaring dan kerjasama dalam kegiatan pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi dalam mengembangkan Perguruan/Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing di masyarakat.

WE ARE HIRING

If you’re looking to make an impact, we’re looking for you